search by letter: A B C D E F G H I J K L M N Ñ O P Q R S T U V W X Y Z
 

sejarah bahasa internasional

¿Deje un comentario? Estas en dunia, internasional, sejarah ¿Editar entrada?
bahasa sangatlah penting bagi mahluk hidup di dunia ini terutama bagi manusia, karena bahasa tersebut akan dipakai untuk berinteraksi satu sama lainnya,mungkin jika hanya memakai bahasa tubuh kita tidak dapat terlalu memahami apa maksudnya..kali ini saya mencoba membahas tentang sejarah bahasa, di dunia ini begitu banyak bahasa yang digunakan manusia untuk berinteraksi tetapi dari sekian banyak bahasa, bahasa inggris lah yang dipakai untuk bahasa internasional.
sejarah asal mula bahasa inggris sangatlah panjang untuk menjadi bahasa Internasional. bahkan bahasa ini menjadi kurikulum wajib bagi seluruh dasar dan menengah diseluruh belahan Dunia. dan menjadi bahasa yang paling banyak dipakai oleh manusia sepanjang peradaban manusia.
asal mula Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik Barat, yang berasal dari Inggris. Bahasa ini merupakan kombinasi antara beberapa bahasa lokal yang dipakai oleh orang-orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon dari abad ke-6 sampai 10. Lalu pada tahun 1066 dengan ditaklukkan Inggris oleh William the Conqueror, sang penakluk dari Normandia, Perancis Utara, maka bahasa Inggris dengan sangat intensif mulai dipengaruhi bahasa Latin dan bahasa Perancis. Dari seluruh kosakata bahasa Inggris modern, diperkirakan ±50% berasal dari bahasa Perancis dan Latin.
Bahasa Inggris tergolong rumpun bahasa Jermanik, dan terutama dari cabang Jermanik Barat. Kerabat terdekatnya adalah bahasa Friesland. Selain itu bahasa Belanda (termasuk pula bahasa-bahasa Jerman hilir lainnya) juga masih dekat. Bahasa Jerman (Bahasa Jerman hulu) agak lebih jauh lagi.
Tetapi dari semua bahasa Jermanik, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling lain secara tatabahasa dan kosakata. Kosakata bahasa Inggris banyak dipengaruhi oleh bahasa Perancis, yang masuk melalui penaklukan bangsa Norman dan belakangan melalui penggunaan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi selama beberapa abad di lingkungan pemerintahan.
Bahasa Inggris adalah bahasa pertama di Amerika Serikat, Antigua dan Barbuda, Australia, Bahama, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Selandia Baru dan Trinidad dan Tobago.
Selain itu bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Olimpiade Internasional, serta bahasa resmi di berbagai negara, seperti di Afrika Selatan, Belize, Filipina, Hong Kong, Irlandia, Kanada, Nigeria, Singapura, dan lainnya.
Di dunia bahasa Inggris merupakan bahasa kedua pertama yang dipelajari.
Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia. Salah satu pepatah Inggris zaman dahulu mengenai kerajaan Inggris yang disebut Imperium Britania (British Empire) adalah tempat “Matahari yang tidak pernah terbenam” (“where the sun never sets”).
Tata bahasa Inggris memiliki variasi dalam struktur dan penggunaannya, itu tergantung tradisi yang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli dari negara tersebut. Secara umum, tata bahasa yang dipedomani adalah tata bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania Raya (British).
dan bukan hanya manusia saja yang belajar atau menggunakan bahasa untuk saling berkomunikasi
Semua hewan sosial berkomunikasi satu sama lain, dari lebah dan semut untuk paus dan kera, tetapi hanya manusia telah mengembangkan sebuah bahasa yang lebih dari satu set sinyal yang telah diatur sebelumnya.
Pembicaraan kita bahkan berbeda dengan cara fisik dari komunikasi binatang lainnya.Muncul dari pusat pidato kortikal yang tidak merespon secara naluriah, tapi mengatur suara dan makna secara rasional. Bagian otak adalah unik untuk manusia.
Kapan dan bagaimana bakat khusus bahasa dikembangkan adalah mungkin untuk mengatakan. Tapi secara umum diasumsikan bahwa evolusinya pasti proses yang panjang.
Nenek moyang kita itu mungkin berbicara satu juta tahun yang lalu, tetapi dengan pengiriman lebih lambat, kosakata yang lebih kecil dan di atas semua tata bahasa sederhana dari yang kita terbiasa.
Asal-usul bahasa
Asal-usul bahasa manusia mungkin akan tetap untuk selama-lamanya tidak jelas.Sebaliknya asal-usul bahasa individu telah menjadi subyek penelitian sangat tepat selama dua abad terakhir.
Ada sekitar 5000 bahasa yang dipakai di dunia saat ini (sepertiga dari mereka di Afrika), tetapi kelompok cendekiawan mereka bersama-sama ke keluarga yang relatif sedikit - mungkin kurang dari dua puluh. Bahasa dihubungkan satu sama lain dengan kata-kata bersama atau suara atau konstruksi gramatikal. Teorinya adalah bahwa anggota dari setiap kelompok linguistik telah diturunkan dari satu bahasa, satu nenek moyang. Dalam banyak kasus bahwa bahasa asli dinilai oleh para ahli telah digunakan di kali mengejutkan terakhir - sesedikit beberapa ribu tahun yang lalu.
Linguistik kelompok: dari 3000 SM
Kelompok yang paling luas bahasa hari ini adalah Indo-Eropa, diucapkan oleh setengah populasi dunia. Ini seluruh kelompok, mulai dari Hindi dan Persia ke Norwegia dan Inggris, diyakini turun dari bahasa dari suku nomaden yang berkeliaran di dataran Eropa Timur dan Asia Barat (dalam istilah modern berpusat pada Ukraina) baru-baru ini sekitar 3000 SM .
Dari sekitar 2000 orang SM berbicara bahasa Indo-Eropa mulai menyebar melalui Eropa, akhirnya mencapai pantai Atlantik dan pantai utara Mediterania. Mereka juga menembus jauh ke Asia - menduduki dataran tinggi Iran dan sebagian besar India.
Kelompok lain linguistik, signifikansi dalam sejarah awal Asia barat dan masih penting hari ini, adalah keluarga Semit bahasa. Ini juga diyakini berasal dari bahasa hanya satu kelompok suku, mungkin perantau di selatan Saudi.
Sekitar 3000 SM bahasa Semit dituturkan melalui saluran besar wilayah padang pasir dari Arab selatan di utara Suriah. Bangsa Semit Beberapa memainkan bagian penting dalam peradaban awal daerah, dari Babel dan Asyur ke Ibrani dan Fenisia. Dan satu bahasa Semit, Aram, menjadi untuk sementara Lingua franca di Timur Tengah.
Bahasa dan ras
Sebuah keluarga linguistik bersama tidak berarti adanya hubungan rasial, meskipun di zaman modern perbedaan ini sering kabur. Dalam keluarga Indo-Eropa, misalnya, ada kelompok Indo-Iran yang lebih kecil dari bahasa, juga dikenal sebagai Arya, yang berbicara dari Persia ke India. Sesuai dengan teori rasis yang sama sekali tidak berdasar dari akhir abad 19, Nazi memilih Arya panjang untuk mengidentifikasi ras pirang. Pirang atau tidak, bangsa Arya pada dasarnya adalah linguistik daripada keluarga genetik.
Hal yang sama berlaku dari keluarga Semit, termasuk dua kelompok yang telah memainkan peranan utama dalam sejarah manusia - orang Yahudi dan Arab.
Kantong-kantong bahasa
Pada peta Linguistik dunia, kebanyakan keluarga bahasa besar menempati wilayah yang berbeda dan mandiri. Dua pengecualian adalah Indo-Eropa dan Finno-Ugric kelompok.
Di zaman modern, bahasa Indo-Eropa telah menyebar di seluruh dunia - untuk Utara dan Amerika Selatan, Australia dan Selandia Baru - sebagai akibat dari kolonialisme Eropa.Namun pembauran Indo-Eropa dan Finno-Ugric, membentuk selimut kain perca di seluruh Eropa, telah terjadi untuk alasan yang berbeda dan sebelumnya.
Finlandia, bersama dengan Estonia pada pantai yang berlawanan dari Baltik, membentuk salah satu saku terisolasi dari kelompok Finno-Ugric (bagian Finno). Hongaria lain (elemen Ugric).
Penyebab ini adalah pemisahan yang luas dataran tinggi besar di Eropa yang suku Finno-Ugric dan Indo-Eropa telah dibagi dan diperebutkan selama berabad-abad. Bahasa leluhur dari Finlandia, Estonia dan Hongaria pernah diucapkan di daerah kompak antara Baltik dan pegunungan Ural, sampai orang-orang ini tersebar oleh Indo-Eropa tekanan.
Latin dan Jerman: dari abad ke-5
Selama bahasa sejarah terus menyusup satu sama lain, sebagai kata-kata yang disebarkan oleh penaklukan, kerajaan,, agama teknologi perdagangan, atau - di zaman modern - hiburan global.
Sebuah contoh yang masih hidup yang baik dari proses ini adalah baris di Eropa barat membagi bahasa Romantis tersebut (yang berasal dari contoh 'Roma') dari bahasa Jerman. Keluarga Romantis termasuk Italia, Prancis, Spanyol, Portugis dan Rumania (hasil dari kampanye sukses Romawi pada abad ke-2). Kelompok Jermanik adalah bahasa Inggris, Belanda, Flemish, Jerman, Denmark, Norwegia, Swedia dan Islandia.
Pembagian linguistik persis mencerminkan pengaruh kekaisaran Romawi. Italia, Perancis dan semenanjung Spanyol adalah daerah cukup stabil di dunia Romawi untuk mempertahankan pengaruh Latin setelah runtuhnya kekaisaran. Daerah Jerman timur dan utara Rhine tidak pernah sepenuhnya Romawi dibawa di bawah kontrol (garis linguistik yang tepat membagi bertahan di Belgia modern, dengan penduduk berbahasa Perancis di selatan dan Flemish di utara).
Inggris adalah aman dalam kekaisaran selama tiga abad. Tapi bangsa Celtic Romanized tidak cukup kuat untuk melawan suku Jerman menyerang, para Angles dan Saxon.Bahasa mereka menang dalam bentuk Anglo-Saxon.
Bahasa Inggris Modern menempati posisi tengah dalam keluarga Eropa barat bahasa, dengan kosa kata sekitar setengah Romantis Jermanik dan setengah di asal.
Alasannya adalah bukan posisi Britannia yang relatif rapuh dalam kekaisaran Romawi.Penyebabnya adalah lebih baru, dalam penaklukan Norman. Setelah merebut barat laut Perancis dan mengadopsi bahasa lokal, Normandia tiba di Inggris dengan Perancis sebagai bagian penting dari bagasi budaya mereka. Beberapa abad pemerintahan oleh bangsawan Norman dan birokrat membawa bahasa Latin ke dalam bahasa Inggris melalui media Perancis abad pertengahan.
Linguistik evolusi
Perjuangan yang sedang berlangsung antara bahasa adalah proses yang sangat mirip dengan evolusi. Sebuah kata, seperti gen, akan melakukan perjalanan dan berlaku sesuai dengan kegunaannya. Sebuah kata kebugaran untuk bertahan mungkin berasal dari yang melekat pada suatu penemuan baru atau substansi yang diinginkan, atau hanya dari menjadi konsep lucu atau berguna.
"Aspirin", diciptakan pada 1899 oleh penemu Jerman dari huruf pembukaan Acetylirte Spirsäure (asam asetat spiraeic), segera menjadi kata-kata internasional. Dalam 'sombong' konteks kurang serius, pertama diberi makna yang sekarang di Inggris pada pertengahan abad ke-19, sekarang naturalisasi dalam banyak bahasa besar.
Seperti evolusi, perkembangan bahasa adalah kekuatan yang tak tertahankan - meskipun tradisionalis selalu mencoba untuk membangun hambatan terhadap perubahan. Kata berguna 'diharapkan' (panjang tersedia bagi Jerman sebagai hoffentlich, dan makna 'itu harus berharap') dalam beberapa tahun terakhir telah steamrollered ke dalam bahasa Inggris oleh masyarakat terhadap lolongan protes dari puritan.
Pada skala yang lebih besar, pemerintah Perancis dari waktu ke waktu dengan sia-sia terhadap legislates kata bahasa Inggris menyimpang ke dalam bahasa Prancis. Ini adalah hibrida digambarkan sebagai franglais. Contoh yang baik dari kekurangajaran mereka adalah pernyataan menarik pada jaket wol terlihat di jendela toko Paris: Très sombong, presque cad (sangat sombong, hampir cad).
Imperial lidah
Neurosis Prancis tentang menjadi tercemar oleh Inggris (meskipun gangguan itu adalah sepele dibandingkan dengan efek yang luar biasa dari Norman Perancis di Inggris di masa lalu) ini terkait dengan aspek yang lebih luas dari perjuangan evolusi antara bahasa.
Sebuah kemajuan besar bagi bahasa apapun adalah menjadi Lingua franca. Hampir selalu hasil dari kekuasaan dan prestise, status ini dicapai dengan Perancis setelah masa kejayaan pengaruh internasional Prancis di bawah Louis XIV. Pada zaman yang lebih baru Inggris - pertama melalui kerajaan Inggris, namun lebih signifikan melalui dominasi dunia Amerika di abad ke-20 - telah diganti Perancis di peran ini.
Bahasa Inggris di akhir abad 20 berada dalam posisi beruntung menjadi lingua franca pada saat yang tidak biasa. Untuk pertama kalinya dalam sejarah bahasa global diperlukan untuk tujuan praktis (oleh para ilmuwan, oleh pilot maskapai penerbangan).Sementara itu sistem komunikasi di tempat untuk menyebarkan beberapa knowlege dari bahasa Inggris ke khalayak internasional massa melalui radio, televisi dan internet.
Kekuatan imperialis Amerika yang mendukung Inggris sebagai lingua franca adalah untuk pertama kalinya budaya dan ekonomi ketimbang militer.
Pola sejarah menegaskan bahwa bahasa Inggris adalah tidak mungkin menjadi akhir dunia lingua franca. Orang lain akan datang dan pergi. Hal ini juga benar untuk mengatakan bahwa dominasi bahasa Inggris tergantung pada penyebaran dan bukan jumlah total berbicara itu.
Cina dituturkan oleh lebih banyak orang selain bahasa Inggris (meskipun hanya dalam satu wilayah di dunia), dan kekuatan ekonomi Cina terletak di masa depan. Tapi kompleksitas Cina mungkin membuatnya menjadi kandidat saingan tidak mungkin. Salah satu keuntungan besar dari bahasa Inggris adalah bahwa mudah untuk berbicara pada tingkat sederhana, meskipun sangat kompleks dalam idiom tersebut.
Baru bahasa dari tua
Sementara itu proses evolusi berlangsung. Sudah ada banyak jenis bahasa Inggris digunakan. Orang Inggris pidgin berkembang di New Guinea adalah membingungkan bagi orang luar; awalnya dirancang sebagai bahasa bisnis praktis, dikurangi dengan sederhana elemen, telah berkembang karakter sendiri kaya. Dengan cara yang sama berbahasa Inggris masyarakat di Hindia Barat atau di India (juga di Amerika) telah mengembangkan kata-kata lokal, frasa dan konstruksi yang memberikan versi mereka sendiri dari bahasa warna khusus.
Perkembangan yang menakjubkan dari bahasa Indo-Eropa dari satu lidah, hanya 5000 tahun yang lalu, tidak akan terulang di dunia kita lebih saling berhubungan. Tapi kecenderungan bahasa berkembang terus dicentang.
« next
 
previous »
 

0 komentar:

¿Deje un comentario? / sejarah bahasa internasional

jangan lupa tinggalkan pesannya disini!